Friday, April 29, 2016

俺。。。漫画家になる!!!(I want to be a Mangaka!!!)

[J-Movie Review] BAKUMAN
Title: BAKUMAN
Genre: Drama, School Life, Comedy
Distributed by: Toho
Cast: Takeru Satoh, Ryounosuke Kamiki, Nana Komatsu
Rating: PG +13
Yolooooooooooooooo~ Minnaaaaaa!! Here i am again...........admin.........#Kai.......hufffft, lagi-lagi gue disini untuk me-review film jepang. Gue harap kalian nggak bosen-bosen yak sama review gueee, hahahahaha, Insya Allah review ini bermanfaat bagi para penggemar film dari sabang sampaaaaaaaai meraaaaaaaaauuuuukeeeeeeeee~ Anyway, kita lanjutkan pembicaraan kita.

So, kali ini film yang mau gue review juga dari adaptasi manga yang terkenal banget, sampe dibuat 3 season untuk anime nya. Manga tersebut tak lain dan tak bukan adalaaaaaaah......BAKUMAN!! well, beberapa tahun terakhir ini karya-karya terkenal yang diterbitin sama majalah manga SHONEN JUMP banyak diadaptasi jadi film live-action, dari 3 film nya Rurouni Kenshin, sampe Assassination Classroom kedua yang baru saja dirilis di Indonesia seminggu yang lalu.

BAKUMAN adalah salah satu seri favorit gue dan udah gue tunggu-tunggu banget live-actionnya sampe akhrinya bisa nonton, hahaha. So!! Langsung saja yak!! REVIEW TIIIIIME~

Sinopsis
Bercerita tentang seorang murid SMA bernama Moritaka Mashiro (Takeru Satoh) yang senang menggambar. Pada saat masih kecil Mashiro memiliki seorang paman yang bernama Tarou Kawaguchi (Kankurou Kudo) dan merupakan seorang mangaka dengan karyanya yang berjudul "Chou Hero Densetsu." Namun, pamannya meninggal karena over-work saat menggambar manga. Sejak saat itu Mashiro mulai menutup "impian"nya untuk menjadi mangaka. Suatu hari saat selesai pelajaran di sekolah, Mashiro melihat ada seseorang yang melihat buku gambarnya di ruang kelas. orang itu adalah Akito Takagi (Ryonosuke Kamiki). Setelah melihat gambar Mashiro, Takagi secara blak-blakan mengajak Mashiro untuk bekerja sama menjadi mangaka, Takagi menulis cerita dan Mashiro yang menggambar. Mashiro sempat bimbang, namun semua berubah ketika dia bertemu dengan gadis yang disukainya, Miho Azuki (Nana Komatsu). Karena itulah, Mashiro akhirnya setuju untuk bekerja sama dengan Takagi untuk menjadi mangaka no. 1!!! Persaingan mereka di majalah manga remaja SHONEN JUMP pun dimulai!!!

Story & Characterization









Oke, gue udah baca manga sama nonton anime dari BAKUMAN, menurut gue versi live-action nya bener-bener ngadaptasi kehidupan Mashiro sama Takagi selama menjadi mangaka secara realistik, kayak yang udah disampein dari manga dan anime nya. Disini bener-bener digambarin gimana sulitnya jalanin pekerjaan sebagai mangaka, dari kejar deadline per chapter, jumlah suara yang didapetin dari angket pembaca, susahnya dapet serialisasi, sampe persaingan tiap mangaka di sini, sebut saja si Hiramaru (Hirofumi Arai), si Nakai (Sarutoki Minagawa), si Fukuda (Kenta Kiritani), sama rival terbesar Mashiro sama Takagi, Eiji Niizuma (Shota Sometani). Terus, Editor nya Mashiro sama Takagi, Akira Hattori (Takayuki Yamada) juga bener-bener ngeliatin perjuangannya untuk ngebimbing mereka buat dapet peringkat yang tinggi di JUMP. secara keseluruhan, penceritaan lika-liku kehidupan seorang mangaka disini bener-bener perfect!!! Emang sih appearance dari masing-masing karakter ada yang nggak gitu mirip sama yang kayak di manga, tapi itu nggak bakal jadi poin minus buat gue. Semua aktor/aktris nya bener-bener bagus meranin karakternya masing-masing.

Nah, barusan itu dari sisi drama mangaka nya. Sekarang gue pengen bahas drama percintaannya. [SPOILER ALERT! Bagi yang belom pernah baca manganya ataupun nonton animenya] BAKUMAN juga terkenal karena cerita cintanya. Mashiro bisa sampe berjuang dan rela untuk jadi mangaka itu karena Miho Azuki, cewek yang udah lama dia suka. Mashiro ngebuat janji (secara blak-blakan sampe nggak sadar apa yang dia omongin) sama Azuki, kalo misalnya dia jadi mangaka dan manganya sukses sampe dijadiin anime, mereka bakal nikah. Dan Azuki setuju, karena dia punya cita-cita buat jadi seiyuu, dan sebenernya juga udah lama suka sama Mashiro. Hal itu yang ngebuat Mashiro makin termotivasi [SPOILER END]. Sangat disayangkan, cerita cinta mereka nggak happy ending karena ada masalah pas di tengah cerita. Karena bagi gue pribadi, ini aspek cerita yang bikin gue bener-bener suka sama BAKUMAN. Tapi mungkin karena film ini nggak punya budget yang gitu gede, jadi harus ada perubahan cerita. Sekali lagi, sangat disayangkan.

Visual & Music
Dari sisi visual, live-action BAKUMAN bener-bener keren!!! xD gue suka banget visualisasi pertarungan Mashiro & Takagi dan Niizuma di film ini. Persaingan serialisasi mereka di JUMP untuk sampe di posisi teratas tergambar di adegan itu.










Untuk musiknya, gue suka banget Original Soundtrack yang dibawain sama lagu Sakanaction yang judulnya Shin Takarajima. Lagunya catchy dan juga fun. I really like it!!! BGM di filmnya juga bagus~










Verdict
Secara keseluruhan, gue suka banget karena penceritaan mengenai lika-liku kehidupan mangaka bener-bener tergambar real. Yang bener-bener disayangkan cuma cerita cinta Mashiro x Azuki, karena itu salah satu aspek yang mendukung perjuangan Mashiro. So, even though BAKUMAN isn't the best manga adaptation movie for me, it's still a very good movie~
Nana Komatsu teh geulis pisaaaaaaaaaaaaan!!!


Score: 8.0

(Wrote by: Kai)

No comments:

Post a Comment