Wednesday, August 12, 2015

Sandiwara dengan Suara

Gelar Jepang UI Day 2: Seminar Seiyuu

YO YO YO YO YO!!!!! Salam kenal semuanya, gue Kai. Gimana kabarnya semua?? 元気ですか??Ya gue harap semuanya sehat-sehat aja ya. Oke!! Ini post resmi kita, setelah Kranz yang cuma nge-post untuk nge-test aja (salah satu mimin) beberapa minggu yang lalu dan di sini kita mau nge-share event-event besar yang spektakuler di bulan Agustus kemaren (Sumpah, Agustus bulan penuh kegalauan (milih event).......kenapa?? Gelar Jepang UI (GJUI) dan POPCON ada di hari yang sama!! Dan isinya bagus-bagus semua!! Ya gimana nggak galau ya, hahahaha. Sip, langsung aja, pertama-tama gue mau share yang GJUI dulu nih~


Seminar Seiyuu 
Yak, ini dia Event Jepang Kampus (Yang mungkin) terbesar di Indonesia, yang tahun ini ngambil judul “Gelar Jepang UI 2015 with Waku Waku Japan”. Gue nggak ke Day 1 nya karena emang gue sekarang lagi nggak bisa bebas pergi ke mana-mana kecuali hari Sabtu sama Minggu, haha. Tapi ya, crowd nya day 1 sama day 2 mungkin nggak jauh beda, yang beda adalah event indoor nya. Nah, di Day 2 ini, event indoor nya adalah SEMINAR SEIYUU!!! Ini dia topik utamanya!! Kenapa gue excited banget?? Karena emang seminar ini baru pertama kali diadain tahun ini, dan gue sekarang lagi “Nerd” banget di dunia per-seiyuu-an atau per-dubbing-an. Sebelum acara dimulai, kita dikasih print-out mengenai dunia seiyuu/dubbing dan naskah Anime Naruto yang nantinya akan dibawain sama 2 bintang tamu dan peserta-peserta yang lolos seleksi untuk unjuk diri saat acara.


Nah, di seminar nya ini, audience kedatangan dua pengisi suara kondang, yaitu Hana Bahagiana (Kak Hana – Uzumaki Naruto (Naruto), Monkey.D.Luffy (One Piece), Koujiro Hyuga (Captain Tsubasa); M. Romli atau lebih dikenal dengan nama Kak Combi (Kak Combi (Uchiha Sasuke/Hatake Kakashi (Naruto), Himura Kenshin (Rurouni Kenshin)) dan yang terakhir adalah Aki no Sora, sebuah pusat bahasa jepang yang bertempat di bandung dan sampai saat ini mewadahi mereka-mereka yang tertarik di dunia per-dubbing-an (atau lebih dikenal dengan AEX). Ini nih orang-orangnya:
Dari kiri ke kanan: Salah satu staf dari Aki no Sora, Kak Combi, dan Kak Hana
Selama seminar berlangsung, ketiga pembicara kita ini memberikan informasi mengenai dunia per-dubbing-an, termasuk pengalaman mereka. Jadi dubber itu emang nggak mudah lho! Banyak banget yang harus kita tekunin, mulai dari jaga suara, sampek improvisasi warna-warna suara kita sendiri, diiiiii manapun itu! Plus, kita juga dikasih tau gimana cara kita jaga suara kita supaya tetep stabil Kalo kata Kak Chombi ya, “ Musuh dari dubber adalah flu, batuk, pilek, demam. Kalo nggak ada suara ya....nggak bisa kerja, hahaha” Bener banget, aneh juga kalo tiba-tiba naruto lagi ngeluarin Rasengan tapi habis itu tiba-tiba bersin, hahahaha. Bagi yang pengen jadi Seiyuu, jaga-jaga ya kesehatan kalian ya!! Abis itu, acara dilanjutin ke sesi tanya jawab.

Lanjut ke sesi berikutnya, sesi ini merupakan sesi yang gue tunggu dari awal banget bahkan sebelum hari H, yaitu live performance dubbing!! Kak Hana sama Kak Chombi perform salah satu episode dari anime Naruto yang bikin gue jadi “Nerd”gasm karena bisa ngeliat langsung proses dubbing mereka, hahahaha, gue bahagia banget!!! Nggak cuma itu, pihak AEX juga menampilkan kemampuan mereka dengan bahasa Jepang untuk anime Kill la Kill yang dibawain dengan keren banget! (sampe sekarang gue masih terngiang sama suara nya Mako yang emang mirip banget sama aslinya). Yang terakhir, seminarnya ditutup sama performa dari 3 peserta yang udah lolos seleksi untuk bisa unjuk diri di depan (kesempatan yang lagi-lagi gue lewatkan, karena telat baca e-mail balasan dari panitia...).
Ini dia performance dari 3 peserta yang lolos seleksi~

Intinya, gue seneng banget seminar ini diadain karena kita jadi bisa tahu gimana perkembangan dunia seiyuu di Indonesia. Menurut gue, sebenernya banyak lho yang pengen jadi Dubber di Indonesia, cuma emang sampe saat ini belom banyak yang bisa mewadahinya. So, nggak usah berkecil hati, kita harus tetep gali terus kemampuan itu mau gimana pun juga!! Peace!! 


Yak ini adalah tim yang datang ke Day 2 (Dari kiri ke kanan (semua pake nama Jepang): Yui, Reiko, Kai (gue), Revv, Kuro, Kia, dan Miyu)


(Wrote by: Kai)

1 comment:

  1. Oh, jadi kai mau jadi dubber toh.. がんばって!
    -u know me

    ReplyDelete